Kota Bau-Bau


(Archieinfo), Setelah menjadi daerah otonomi baru, Kota Baubau mengalami perkembangan yang begitu pesat di Sultra. Hal itu bisa dilihat dari berbagai indikator makro ekonomi Kota Baubau. Tiga tahun terakhir ini, misalnya, mulai tahun 2009, 2010 hingga semester I tahun 2011, pertumbuhan ekonomi Baubau mencapai 10 % lebih.
Angka pertumbuhan ekonomi Kota Baubau ini tentu merupakan sumbangan besar bagi pertumbuhan ekonomi Sultra yang tiga tahun ini mengalami pertumbuhan ekonomi di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional.  Jumlah penduduk miskin Kota Baubau pun terus mengalami penurunan. Pada tahun 2006, angka kemiskinan tercatat 23.070 jiwa, terus mengalami penurunan setiap tahunnya, sehingga tahun 2009 tinggal 18.170 Jiwa.

Pemerintah setempat merencanakan untuk menjadikan Baubau sebagai pintu gerbang parawisata dan ekonomi di Sultra. Hal itu dijadikan target karena melihat potensi Baubau yang dahsyat, karena didukung daerah belakang yang mempunyai potensi basar dan letak Baubau yang menghubungkan Barat dan Timur. Letak strategis Baubau itu telah diperankan sejak jaman dahulu. Belum lagi dukungan sumber daya manusia (SDM) Baubau yang cukup banyak karena sebagai kota tentu menjadi daerah tujuan, sehingga Baubau dihuni oleh beragam etnis. Melihat potensi itu, maka Baubau pun dibangun secara terkonsep dengan membagi Baubau dalam tujuh wilayah bagian kota (BWK).

Pembenahan Kota Baubau dimulai dengan cara-cara yang sederhana namun mempunyai effect besar, pembenahan-pembenahan yang dilakukan meliputi :
  • Pembagian tata ruang wilayah, yang diwujudkan dengan penataan kawasan dari La Elangi
  • Pembenahan fasilitas umum, terutama perbaikan jalan dan lampu jalan.
  • Pembangunan Bandara Baubau sehingga dari sisi udara Baubau bisa ditempuh 40 menit dari Makassar dan 20 menit dari Wakatobi. 
  • Pelabuhan lautnya, telah naik kelas dari kelas 1 langsung naik ke kelas III. 

"Bolimo Karo Samanamo Lipu"

http://www.baubaukota.go.id

Lebih Lengkapnya kun

Komentar

  1. ass, kontenx berkualis amat. Bisa jadi salah satu alat promosi daerah. lanjutkan dengan info yang lebih mencerahkan! thank.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer