Permandian Fotuno Rete


Image (Archie-Info)Di Kabupaten Muna memang mempunyai banyak tempat wisata yang tak kala menarik dengan daerah lainnya yang ada di Sulawesi Tenggara. Seperti objek wisata Gua Liang Kabori yang selain unik, menarik juga menyimpan unsur mistik. Mata Air Sangia yang terletak di Kecamatan Kabangka, Batu Berbunga di Kecamatan Tongkuno serta masih banyak lagi objek wisata lainnya.
Di Kecamatan Parigi misalnya sebuah permandian yang cukup dikenal masyarakat yakni permandian Fotuno Rete atau orang sering menyebutnya Permandian Wakumoro.

Permandian ini cukup menarik wisatawan khususnya masyarakat yang berada di pulau yang terkenal dengan kayu jatinya itu. Ribuan pengunjung berdatangan dari berbagai daerah bahkan dari daerah lain seperti Kabupaten Buton dan tidak menutup kemungkinan dari daerah lainnya. Namun, hal itu terjadi hanya pada hari-hari tertentu saja misalnya saat libur panjang Hari Idul Fitri dan Hari Idul Adha.

Hal tersebut tak luput dari pedagang kaki lima yang memanfaatkan moment tersebut untuk menjajakan barang dagangan mereka. Bahkan tak tanggung-tanggung mereka mendapatkan uang hingga jutaan rupiah per harinya, seperti membuka warung bakso dan lain-lain.

Hal ini perlu pengelolaan yang lebih baik lagi agar taman wisata ini dapat dikenal hingga ke daerah-daerah lain bahkan dunia sekalipun. Dan yang lebih penting adalah manajemen baik itu pihak pengelola maupun pihak pemerintah dalam hal ini Pemda untuk lebih mendukung perkembangan pariwisata agar dapat berkembang dengan pesat.

Permandian yang menurut para tokoh adat setempat mengatakan konon katanya merupakan permandian tujuh bidadari juga menyimpan sejumlah mistik. Jika baru pertama berkunjung ke tempat ini maka akan dihimbau untuk tidak melakukan tindakan-tindakan yang melanggar etika, norma, dan ajaran agama.

Selain itu tempat ini memiliki air yang cukup dingin, pepohonan yang menjulang tinggi dan rimbun menambah panorama alam begitu indah. Jika berkunjung ke tempat ini, anda dapat melalui jalan poros di Desa Wakumoro, Kecamatan Parigi, Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara tepatnya belok kiri simpang empat dari Pasar Wakumoro. Permandian Fotonu Rete ini dapat ditempuh dengan  kendaraan baik roda dua maupun roda empat. (taya)

Komentar

Postingan Populer